4 Olahraga Ringan Untuk Menurunkan Berat Badan

Belanja di Sociolla menggunakan Voucher "SBNLAMXC" dapat potongan 50.000 setiap minimal pembelanjaan 250.000 atau klik Banner dibawah untuk langsung berbelanja 

Beauties, saya termasuk orang yang rada gak mentingin berat badan sampai akhirnya dengan tinggi 161cm berat badan saya mencapai 78kilogram. Gila ga? Kelebihan berat badan yang saya miliki atau singkat katanya lemak numpuk parah dibagian paha dan perut. Kalau paha sih sudah gak aneh lah yah, sejak kecil paha saya memang besar. Terus semakin naik berat badan semakin besar. Sedih. Nah, kalau perut  baru-baru ini membengkak karena kebiasaan buruk makan – tidur – makan – tidur. Beh pokoknya jelek banget. Pertamanya saya gak sadar sih berat badan nambah drastis, tapi hampir setiap orang yang lama gak ketemu kemudian ketemu lagi bilangnya “sekarang makin gendut yah” langsung menusuk ke jiwa. Pacar saya pun mulai protes karena lihat perut yang mulai digelayuti lemak. Yang paling bikin saya shock adalah celana jeans ukurannya nambah cuy.  Ukurannya jadi XXL yang tadinya XL doang. Gokil.

Pokoknya badan udah melar kek emak-emak deh. Dari situ saya mulai coba segala macam diet tapi gak berhasil. Serius yah, GAK BERHASIL. Terlintas dipikiran untuk coba fitness dan sempat berjalan satu minggu selanjutnya malas. Memang melarnya badan saya disebabkan oleh pola hidup yang berubah, kalau dulu saya orangnya pemalas sekarang jadi pemalas banget. Berkat saran pacar yang super baik hati dan cerewet saya mulai merubah sedikit-demi sedikit pola hidup. Mulai berolahraga ringan yang bisa saya lakukan disekitar rumah. Intinya sih gak perlu olahraga yang ekstrim yang penting rutin dan dijadikan kebiasaan.

1. Jalan Kaki

Beuh, ini kegiatan ringan dan sepele banget. Hampir tiap hari kita jalan kaki. Dirumah mau pindah dari kamar ke ruang keluarga jalan kaki, mau ngambil barang juga jalan kaki. Pokoknya jalan kaki adalah hal sederhana yang menyehatkan tapi saya males banget jalan kaki. Alasannya sederhana, capek. Cih. Tapi sekarang saya coba untuk memperbanyak jalan kaki. Minimal beli pulsa ke warung sekitar rumah ya jalan kaki saja. Kadang kalau saya lagi rajin, suka sengaja jalan-jalan sore di taman untuk sekedar olahraga ringan. Jangan salah, jalan kaki adalah olahraga ringan dengan resiko cedera yang minim.

2. Berenang 

Berenang adalah olahraga yang saya suka karena berenang gak bikin saya bercucuran keringat dan gerah. Yaiyalah wong langsung nyebur ke air. Selain itu olahraga berenang juga gak bikin saya terlalu capek malah happy karena berasa main-main air. Berenang kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat membakar kalori 400 – 700 kalori perjam. Katanya sih berenang merupakan olahraga yang bagus untuk pengencangan otot. Berenang merupakan salah satu olahraga berat dengan resiko rendah sama seperti jalan kaki asal sebelumya pemanasan dulu. Berenang juga memperkuat dan memperbaiki kondisi tubuh kita. Lihat lah atlet renang badannya beuh mantep banget. Saya biasanya berenang minimal dua minggu sekali atau kalau lagi rajin ya seminggu sekali.

3. Bersepeda

Bersepeda menurut saya sama dengan berjalan kaki, dapat dilakukan kapanpun tapi gak di dalam rumah juga yah. Hanya untuk mobilitas diluar rumah yang gak jauh-jauh amat. Kalau lagi malas jalan kaki biasanya saya naik sepeda, lumayan sama-sama mengeluarkan keringat. Kalau hari minggu atau lagi car free day bersepeda bisa jadi pilihan juga untuk olahraga ringan karena kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat membakar 372 sampai 1100 kalori perjam. Apalagi kalau medan yang dilewati adalah pemandangan alam atau daerah-daerah yang sejuk bersepeda bisa lebih menyenangkan.

4. Berlari

Ini olahraga paling saya benci karena bisa bingin jantung pindah keperut, ngos-ngosan cuy, ditambah saya punya riwayat sakit asma otomatis nafasnya pendek dan kalau habis lari-lari rasanya dada sakit banget. Tapi banyak orang yang menyarankan untuk berlari demi paha lebih cilik. Dulu rasanya pengen nonyor orang yang nyuruh lari tapi sekarang gak sih, saya coba lari santai tiap pagi dan sore. Lari gak yang sampe ngos-ngosan banget. Penting lagi ajah dan keluar keringet, lari dari kenyataan boleh lah. Tapi kalau lari dilakukan dengan serius bisa membakar minimal 600 kalori perjam. Untuk pemula seperti saya, lari gak usah yang harus gimana-gimana. Cukup lari santai pakai sepatu olahraga sore-sore sambil pasang headphone. Dijamin gak berasa capek tapi keringet keluar.

Eh, tapi disini dedek tidak menggurui yah, hanya berbagi sajah usaha saya menggerakan badan yang sudah bertimbun lemak. Kalau hasilnya? Sejauh ini sih cuma turun 3kilo itupun dibarengi dengan pola makan yang diatur. Setidaknya badan saya gerak dan menghilangkan kebiasaan mager.

XOXO

0 thoughts on “4 Olahraga Ringan Untuk Menurunkan Berat Badan”

  1. wkwk ngomongin diet nih, Cy? xD

    rutinin olahraga gih, Cy! Kalo aku mah emang demennya olahraga kardio, macam: aerobik, jogging, sepeda. Kardio emg ampuh nurunin dan ngencangin. Kalo lari, gak usah cepet2 juga kali, Cy. Badan butuh penyesuaian.

    Olahraga yang aku rutinin sekarang, macam : aerobik (favorit), renang, pilates, jogging (sesekali), angkat beban dumbell. maunya sih nge gym juga, cuma yaaaah malesnya tuh loh. wkwk

    hmm aku jadi mau buat post tentang diet juga ah, lama ga bikin post kayak gitu2an.

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

  2. Wah kak pas banget share ini hihi, aku juga lagi dijagain makannya sama intens olahraga dijagain pula sama mama sendiri wehehe

    Kalo aku sendiri olahraga beres-beres rumah,sama tiap pagi pasti sit up dulu terus juga lagi puasa senin-kamis biar bisa lebih ngontrol makan aja hihi

    chamtea.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan