Resep Garang Asem Sederhana | So Good Ayam Potong

Belanja di Sociolla menggunakan Voucher "SBNLAMXC" dapat potongan 50.000 setiap minimal pembelanjaan 250.000 atau klik Banner dibawah untuk langsung berbelanja 

Resep Garang Asem Sederhana | So Good Ayam Potong . Beauties, kali ini postingan saya bukan mengenai makeup atau skincare tapi saya akan share resep masakan Garang Asem.
Jadi, Garang Asem merupakan makanan khas daerah Jawa Tengah dimana bahan dasarnya adalah ayam. Secara garis besar Garang Asem sama seperti pepes ayam tapi dengan cita rasa yang jelas berbeda.

Garang Asem menonjolkan cita rasa pedas dan asam. Biasanya menggunakan potongan cabai, tomat atau blimbing wuluh. Kunci Garang Asem terletak pada penggunaan bahan-bahan tersebut, namun kali ini saya tidak menggunakan blimbing wuluh karena susah mendapatkannya. Nah untuk yang di daerahnya juga susah mendapatkan blimbing wuluh bisa menggantinya dengan tomat, walaupun memang rasa asamnya akan berbeda.

Disini saya juga menggunakan So Good Ayam Potong Daging Sup Ayam. Ini adalah ayam potong segar dari So Good yang sudah dipotong kecil-kecil khusus untuk membuat sup ayam. Tapi kali ini saya gunakan untuk membuat resep Garang Asem karena potongannya sudah kecil-kecil jadi memudahkan saat membungkus dengan daun pisang.

Nah, berikut Resep Garan Asem Sederhana ala Saya.

Bahan-bahan :
1. 9 potong So Good Ayam Potong Daging Sup ayam
2. 200ml santan instan
3. 3 buah tomat merah
4. Lengkuas seukuran jempol
5. Jahe seukuran jempol
6. 10 buah cabai
7. 3 siung bawang merah
8. 3 siung bawang putih
9. Daun salam
10. Garam, gula dan merica secukupnya
11. Daun pisang untuk membungkus (pastikan sudah lentur dengan cara dipanaskan dahulu)

Cara membuat Resep Garan Asem Sederhana:
1. Potong bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, cabai dan tomat
2. Larutkan santan dengan air, garam, gula dan merica secukupnya
3. Siapkan daun pisang untuk membungkus, bentuk seperti pembungkus nasi rames. Tapi disini saya bungkusnya gak rapih-rapih banget sih, asal gak bocor.
4. Masukan 3 potong ayam, potongan cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan dua lembar daun salam kedalam daun pisang. Lalu siram dengan santan yang sudah dibumbui.
 

Selesaikan sampai semua bahan dan ayam habis yah^^

5. Setelah itu masukan bungkusan-bungkusan Garang Asem kedalam panci kukus. Kukus selama 45menit hingga matang.

6. Setelah matang Garang Asem siap disantap dengan nasi panas.

Rasanya jangan ditanya lagi yah, enak banget pokoknya. Ada rasa pedas, gurih, asin dan asam. Aroma bumbunya pun sangat kuat.

Semoga resepnya bermanfaat dan selamat mencoba^^

XOXO

0 thoughts on “Resep Garang Asem Sederhana | So Good Ayam Potong”

Tinggalkan Balasan