Thursday, August 8, 2019

Tips Menata Ruang Kerja Di Rumah ala Freelancer

(Sumber: Pixels)

Sebagai seorang freelancer istilah rumahku adalah kantorku adalah benar adanya. Selain sebagai tempat untuk bercengkrama dengan keluarga, rumah juga harus bisa menjadi tempat yang nyaman difungsikan sebagai 'kantor' pribadi. 

Rumah yang difungsikan sebagai kantor tidak harus besar, mewah dan serba ada loh. Menilik belakangan rumah minimalis masih menjadi idaman tidak ada salahnya juga menyediakan sedikit ruang untuk kantor pribadi. Kantor yang nyaman digunakan untuk menulis atau melakukan kegiatan lainnya. 

Lalu bagaimana menata rumah mungil agar dapat difungsikan sebagai kator juga? Nah, pada tanggal 27 Juli - 4 Agustus 2019 lalu diselenggarakan Indonesia Properti Expo 2019 di JCC Senayan . Pameran properti seperti ini sangat membantu memberi inspirasi menata ruang kerja dirumah mungil. Pada tanggal 31 Juli 2019 kemarin ada dua pembicara yang membahas mengenai hal ini yaituKak Adelya yang merupakan seorang IRT dan Freelancer Interior Designer dan Kak Zata Ligouw seorang Conten Creator Senior. Acara tersebut dimoderatori oleh Teh Ani Berta yang merupakan founder Komunitas Indonesian Social Blogpreneur.

( Sumber: Dokumentasi pribadi Teh Ani)

 Tips dan Trick Menata Ruang Kerja di Rumah

1. Siapkan Khusu Untuk Meja Kerja
Hayoooo, jangan dibayangkan kalian harus menyediakan satu ruangan lengkap seperti kantor untuk hal ini. Tidak perlu menyediakan ruangan khusus, terlebih jika rumah kita memiliki ruangan yang terbatas. Cukup gunakan pojok ruangan yang kosong baik itu di ruang keluarga, ruang tamu atau ruang makan. Lebih baik memang jika memiliki ruang lebih maka boleh digunakan satu ruangan 
untuk meletakan meja kerja ala-ala. 

2. Gunakan Meja yang Pas !
Gunakan meja yang  dimiliki saja, yang terpenting nyaman digunakan untuk meletakan laptop dan benda-benda lain, Jika memiliki dana lebih bisa membeli meja baru atau membuat meja. 

3. Aksesoris 
Terdengear sepele bukan? Jangan salah selain mempercantik ruangan aksesoris diatas meja kerja sangat membangun mood kerja loh. Aksesoris dimeja kerja bisa bermacam-macam seperti papan tulis mini, tempelan warna warni samai quotes yang dapat membangkitkan semangat kerja. Nilai plus jika kita dapat menata aksesoris sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk foto-foto cantik dan di posting di social media.  Aksesoris tidak lah harus mahal, kita bisa membuatnya sendiri. 

4. Tanaman 
Jika kurang suka menempatkan banyak aksesoris diruang kerja mini, kita bisa mengganti atau menambahkan dengan tanaman. Menurut penelitian di Universitas Michigan memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan dapay menambah daya serap sebanyak 20% . Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulan indera dan pikiran. 




Bagaimana, cukup mudah bukan? Yang terpenting dari semua tata ruang yang ada adalah niat bekerja. Seorang freelancer tidak memiliki atasan tetap untuk memntau kedisiplinan maka dari itu kita harus membangun rada disiplin terhadap diri sendiri untuk tetap produktif. Sudah siap bekerja dong pastinya? ^^ 

No comments:

Post a Comment

Komentar Kasar, SARA, PROMOSI/BERJUALAN, akan dihapus. TOLONG UNTUK TIDAK MENULIS LINK HIDUP JUGA. ^^