Wednesday, December 11, 2019

Belajar Mengelola Keuangan Ternyata Menyenangkan, Home Credit Ajak Milenilal Mulai Berinvestasi

Halo Beauties, pada tanggal 7 Desember 2019 lalu saya dapat kesempatan dari Indonesian Female Bloggers dan Home Credit Indonesia untuk mengikuti Talkshow #FUNancial #YangKamuMau . Talkshow ini mengangkat tema Start-Up Smart; Financial Tips for Turning Your Hobby Into a Business. Dari temanya sudah jelas talkshow ini ditujuan untuk kita-kita kaum milenial yang sekarang sedang produktif menjalankan bisnis yang berasal dari hobi. Kalau mundur ke beberapa tahun kebelakang, saat saya masih duduk di bangku SMA, seorang guru pernah bicara "Punya hobi boleh, kalau bisa hobinya harus menghasilkan cuan. Jadi kalian gak boncos modalin hobi terus" Nah sekarang omongan beliau jadi kenyataan loh, banyak orang yang sudah bisa menjadikan hobi mereka sebagai bisnis pribadi bahkan penghasilan utama. Menyangakan sekali.

Eits, jangan terlena dulu. trend hobi yang jadi bisnis ini memang menjanjikan. Tapi pertanyaannya bisa gak sih kaum milenial mengatur keuangan dan mulai berinvestasi sejak dini? Tentu saja bisa. Maka dari itu Talkshow Home Credit dan Indonesian Females Bloggers #FUNancial #YangKamuMau Start-Up Smart; Financial Tips for Turning Your Hobby Into a Business menghadirkan Dipa Andika Nurprasetyo (Financial Planner) sebagai pembicara utama dan Mohammad Takdis (Owner Whatravel Indonesia) sebagai Guest Speaker yang mengupas habis bagaimana mengelola keuangan dan berinvestasi ala kaum milenial.

Sebelum acara dimulai para peserta dipersilakan mengisis wishes di post it yang merupakan impian jika kita punya banyak uang.


Banyak banget yang isi dan harapan tiap orang ternyata berbeda-beda loh, ada yang lucu-lucuan ada juga yang serius. Tebak coba saya isi apa? :


Setelah seluruh peserta mengisi wishes, acara dimulai dengan sambutan dari Mbak Freya Pradita selaku Vice Presiden Home Credit Indonesia. Untuk teman-teman yang belum tahu Home Credit adalah jasa pembiayaan baik online maupun offline untuk barang elektronik, gadget dan furniture sejak tahun 2013 dengan mengusung lima prinsip dasar yaitu: wirausaha, inovasi, fokus pada hasil, kejujuran dan keadilan.



Setelah sambutan dari Mbak Freya Pradita barulah masuk pada inti acara Talkshow, tapi sebelum itu ada beberapa games juga yang berhadiah voucher belanja. Saya juga dapat voucher belanja 50K, luamyan buat jajan. Nah, saat talkshow dimulai saya fokus banget memperhatian pemaparan dari Mas Dipa, beliau sangat interaktif dengan peserta talkshow. Apalagi Mas Dipa sempat melempar pertanyaan menganai financial goal peserta. Setelah mendapat beberapa jawaban dari peserta, Mas Dipa menjelaskan mengenai financial goal yaitu perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang yang harus dimiliki oleh setiap individu. Financial goal sangat penting agar perencanaan keuangan lebih terarah.


Mas Dipa juga menjelaskan mengenai teknik pencatatan keuangan sampai kendala pengelolaan keuangan yang paling sering dilakukan oleh kaum milenial yaitu, Latte factor. Latte factor adalah pengeluaran dalam jumlah kecil namun tanpa disadari dilakukan berulang kali. Contohnya jajan minuman kekinian macam boba, kopi-kopian, biaya parkir, biaya transfer antar bank, dll. Mas Dipa juga memberi contoh dari nominal kecil yang kita keluarkan setiap hari jika dikumpulkan dalam beberapa tahun ternyata jumlahnya besar loh. Intinya prilaku Implusif bisa bikin financial goal dikemudian hari berantakan. Disini saya merasa ditampar.


Selain membahas Latte factor, Mas Dipa juga mengajak para peserta untuk mulai berinvestasi. Duh, awalnya saya pusing kalau bicara investasi. Yang ada dipikiran adalah jumlah yang besar dan membebani. Tapi ternyata salah. Investasi bisa dimulai dari nomilal kecil dan banyak macamnya.

Selain penyampaian materi dari Mas Dipa, Takdis juga membagikan pengalamannya menjalani bisnis Whatravel. Diusia Takdis yang belum genap 30 tahun sudah bisa berinvestasi dan mencapai banyak kesuksesan. Waduh ! Saya usia 27 tahun saja masih suka rebahan. Hehe.


Tidak terasa 3 jam waktu talkshow mengenai financial plan yang biasanya membosankan bisa jadi sanggat menarik karena materi yang disampaikan juga pas dengan peserta talkshow yang rata-rata berprofesi sebagai blogger dan influencer. Darisitu saya mulai berpikir unutk melakukan investasi dan mulai menekuni hobi agar menghasilakn. Terimakasi Home Credit Indonesia dan Indonesian Female Bloggers ^^



XOXO




No comments:

Post a Comment

Komentar Kasar, SARA, PROMOSI/BERJUALAN, akan dihapus. TOLONG UNTUK TIDAK MENULIS LINK HIDUP JUGA. ^^