Tuesday, February 4, 2020

Alternatif Konsumsi Gula Menggunakan Tanaman Stevia dari Hutan

Beauties, ini adalah postingan pertama yang Saya tulis ditahun 2020. Bukan soal beauty, tapi tentang kegunaan bahan pangan dari hutan salah satunya tanaman stevia. Kalian pasti tidak asing kan dengan tanaman stevia? Yaps, tanaman yang disebut-sebut bisa digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula tebu ini mudah didapat dihutan. Bahkan tanamanan stevia bisa dengan mudah ditemukan dibeberapa pegunungan di Indonesia. 
Stevia diekstraksi dari daun tanaman yang masuk ke dalam famili Ateraceae, sering dikaitkan dengan tumbuhan daisy atau ragweed. Di Paraguay dan Brasil, sudah ratusan tahun orang-orang menggunakan daun dari tanaman Stevia rebaudiana (Bertoni) untuk memaniskan makanan. Stevia dikenal baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi dan untuk orang yang sedang menjalani program diet. Hal itu dikarenakan kalori pemanis stevia lebih rendah dari gula, walaupun demikian rasa manis yang dihasilkan bisa 300 kali lebih manis dari gula. 


Saat saya menjalani program diet, saya disarankan mengganti gula biasa dengan stevia. Jika bisanya membuat satu cangkir teh panas membutuhkan satu sendok makan gula, dengan ekstak stevia Saya hanya perlu menggunakan satu tetes saja. Itupun sudah manis sekali. 

Sebagai pemanis alami, stevia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya baik untuk penderita tekanan darah tinggi, masih banyak manfaat lainnya bila Anda mengonsumsi pemanis alami ini. Berikut beberapa manfaat stevia yang perlu Anda ketahui : 

Antikanker
Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk memberikan informasi mencegah maupun menyembuhkan kanker. Asupan buah dan sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan secara teratur dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki senyawa antioksidan seperti kaempferol, quercetin, asam caffeic, isoquercitrin, isisteviol, dan asam klorogenat. Salah satunya, kaempferol, dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen.

Kecantikan Kulit
Bila Anda ingin memiliki kulit yang cantik, cobalah mengonsumsi stevia secara teratur. Sifat antioksidan yang terkandung membantu menghilangkan keriput, noda kulit, dermatitis, eksim, jerawat, dan ruam. Antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini dengan menghaluskan kerutan. Gunakan daun stevia dan minyak kelapa sebagai masker alami untuk kulit elastis dan cerah.

Membantu Turunkan Berat Badan
Bagi Anda yang sedang melakukan diet, mengonsumsi makanan dan minuman kaya nustrisi sangatlah penting. Stevia merupakan pemanis pengganti gula yang tidak memiliki kalori. Jadi, sangat cocok bagiyang sedang program menurunkan berat badan. Anda bisa mencampurkan stevia ke dalam minuman, seperti teh dan kopi. 

Selain stevia, ada banyak bahan pangan yang berasal dari hutan yang dapat diolah dan memiliki manfaat lebih untuk kesehatan. Maka dari itu, kita harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga hutan. Disinilah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) berperan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup dan hutan. Walhi secara aktif mendorong upaya-upaya penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia. Walhi bekerja untuk terus mendorong terwujudnya pengakuan hak atas lingkungan hidup, dilindungi serta dipenuhinya hak asasi manusia sebagai bentuk tanggung jawab Negara atas pemunuhan sumber-sumber kehidupan rakyat.

No comments:

Post a Comment

Komentar Kasar, SARA, PROMOSI/BERJUALAN, akan dihapus. TOLONG UNTUK TIDAK MENULIS LINK HIDUP JUGA. ^^